» » » Jepara Kota Ukir dan Mebel

20 September 2014

Jepara, kondang dengan ukiran kayu dan mebel dari kayu jati.  Beli perabot rumah tangga dari Jepara. Yang terbayang pasti perabot kayu jati yang bagus dan berkualitas.  Karena kualitas tersebut, mebel Jepara terkenal di seluruh nusantara bahkan manca negara.


Kota Jepara Jateng dengan ikon tugu RA Kartini

Jepara, kota kelahiran yang tidak akan terlupakan.  Dari lahir hingga tamat SMA di Jepara.  Setelah lulus SMA hingga sekarang diberi kesempatan melanglang buana. Walau sekarang tidak bermukim lagi di sana, tapi tetap putra daerah yang ingin membesarkan namanya.  


Jepara kota yang bersih, dan sempat memperoleh penghargaan adipura.  Selokan di jalan Pemuda Jepara bersih bebas sampah.  Juga kali (sungai) Wiso yang melintasi alun-alun kota Jepara bersih dari sampah.  Semoga tetap begitu, dan masyarakat sadar tidak membuang sampah sembarangan.  Ceritanya dulu sekolah di SMP N 2 Jepara.  Di depan sekolah tersebut melintas kali Wiso.  Jaman SMP dulu kali Wiso penuh lumpur dan sampah.  Kali kemudian di dibersihkan dan dikeruk sehingga bersih seperti bisa dinikmati saat ini.  Pengerukan kali tersebut saat bapak Hishom Prastyo menjabat menjadi bupati Jepara.



Selokan yang bersih di kota Jepara



Jepara kota yang bersih, lokasi di samping SMA Negeri 1



Jepara kota yang bersih, lokasi di jalan Pemuda


Ketrampilan mengukir masyarakat Jepara didapat turun temurun dan otodidak.  Konon kabarnya, penguasa Jepara dulu bernama ratu Shima menikah dengan sultan Hadirin. Sultan Hadirin tersebut mempunyai ayah angkat dari negeri Cina.  Ayah angkat sultan Hadirin membawa ukiran batu dari Cina yang indah. Ketrampilan mengukir ayah angkat sultan Hadirin kemudian diajarkan ke masyarat Jepara.  Sumber cerita ini hasil googling, kemarin lupa mencatat link sumber. Sewaktu SMP dulu banyak teman yang bisa mengukir.  Bertanya darimana bisa mengukir?  Jawab mereka,"bisa sendiri".  Barangkali tiap hari melihat orang tua mereka mengukir jadi otomatis mereka melihat, mencoba dan bisa.


Industri ukir dan mebel Jepara tersebar merata di seluruh desa dan kecamatan di Jepara.  Begitu memasuki kabupatan Jepara, terlihat di sisi kanan dan kiri jalan, penjual kayu jati gelondongan, pengrajin yang membuat perabot di pinggir rumah mereka.  Bahkan, jalan raya Tahunan-Jepara dijuluki showroom mebel terpanjang di dunia.  Sepanjang 20 km berjejer ratusan showroom milik masyarakat. 


 Industri mebel di Jepara, merupakan industri masif, dimana seluruh masyarakat ikut berperan serta: ada yang berandil menjadi pengampelas kayu, tukang kayu, tukang merakit mebel yang sudah jadi, tukang pelitur dan finishing, penjual kayu, menyedia jasa penggergajian, buruh di penggergajian, pengukir, pemilik toko atau showroom, dll.  Almarhum bapak dulu ikut andil menjadi penjual kayu jati gelondongan di desa Demeling.  Tentu profesi lain seperti guru, petani, nelayan, PNS, pedagang di pasar tetap ada.  Tapi kebanyakan mereka mempunyai pekerjaan sambilan yang berhubungan dengan industri ukir dan mebel.  Seperti saudara, beliau berprofesi sebagai guru, tapi mempunyai bedeng pembuatan lemari pesanan dari Korea.



Penjual kayu jati gelondongan yang banyak terlihat di kota Jepara



Penjual kayu jati gelondongan



penjual kayu jati plus jasa penggergajian kayu


Pengrajin ukir dan mebel tersebar di berbagai kecamatan di kota Jepara.  Biasanya tiap kawasan atau jalan mempunyai keahliah tersendiri.  Seperti di jalan Senenan menuju kecapi merupakan sekumpulan pengrajin kursi Gajah atau kursi Ganesha.  Pengrajin di desa Bulungan, merupakan kumpulan pengrajin almari.  Pengrajin di desa Mulyoharjo, merupakan sentra mebel unik (fosil kayu, meja akar pohon) dan patung.  Pengrajin di desa Mantingan, merupakan pengrajin meja,kursi dan almari.  



Pengrajin kursi gajah di jalan Senenan-Kecapi



Pengrajin kursi gajah dan ganesha di jalan Senenan-Kecapi





Pengrajin meja di desa Mantingan



Pengrajin kursi di Desa Mantingan


Pengrajin meja dan almari di desa Mantingan


Untuk showroom terdapat di sepanjang jalan Tahunan-Jepara dan Jalan Pemuda.  Biasanya showroom-showroom tersebut mengambil barang dari para pengrajin.  Disamping datang langsung ke showroom, pembeli bisa memilih perabot yang diingikan melalu buku katalog.



Salah satu showroom di jalan Pemuda

Mebel jati mempunyai tingkatan kualitas. Kualitas mebel no 1 menggunkan kayu jati tua.  Masyarakat menyebutnya menggunakan jati TPK.  Jati TPK artinya jati yang diperjualbelikan di Tempat Penjualan Kayu.  Kayu jati ini mempunyai ijin penjualan yang shah dari pemerintah yang dikelola oleh perhutani.  Jati TPK ini merupakan jati tua yang sudah kering sehingga saat dibuat perabot, kayu tidak menyusut atau mengembang.


Cara membeli perabot mebel Jepara dengan harga miring adalah membeli langsung ke pengrajin bukan beli di showroom.  Biasanya pengrajin menjual mebel masih mentah atau belum difinishing.  Pembeli bisa memfinishing sendiri atau minta tolong pengrajin memfinishingkan perabot yang dibeli.  Hanya saja membeli mebel membutuhkan pengalaman.  Pengalaman memilih perabot mebel yang benar-benar menggunakan jati TPK kualitas baik.  Proses pengerjaan mebel yang baik.  Misalnya kursi yang kualitas baik bagian dalamnya menggunakan bahan per bukan ban karet.  Laci-laci meja betul-betul dikerjakan dengan baik dan menggunakan bahan yang baik. Meja untuk kursi tamu sebaiknya menggunakan jati yang sudah kering benar, satu batang kayu utuh, yang dijamin tidak patah.  Pengalaman tersebut tidak bisa diperoleh satu kali hanya dengan melihat sekilas perabot mebel.


Untuk itu kami membantu menyediakan perabot mebel jati dari kota Jepara Jateng dengan kualitas terjamin untuk daerah Medan Sumatera Utara.  Mebel yang dipesan akan dicarikan barangnya ke pengrajin.  Barang lalu difinishing sendiri di bedeng kami di kota Jepara.  Barang lalu dikirim ke Medan dengan truk ekspedisi melalui jalan darat.  Proses pengiriman barang berlangsug 7-8 hari.  Pencarian mebel kualitas baik dilakukan oleh orang yang berpengalaman, bapak Ponco Setyo Edi.

Pemesanan mebel Jepara untuk daerah Medan melalui

ibu Sat Rahayuwati
Email: Sat_rahayuwati@yahoo.com
HP: 081283611061
Alamat: Kompleks perumahan RISPA
Jalan Brigjen Katamso no RS 3A Medan Sumatera Utara.


Berikut contoh perabot mebel Jepara


Kursi Jati  Solato



Skesel jati minimalis

Almari buku minimalis dari jati



Meja makan eksotik dari jati


Meja TV minimalis dari jati



Rak buku tanpa kaca




Almari sliding minimanis 3 pintu dari jati


Almari sulam minimalis  2 pintu dari jati



Dipan minimalis 180 x 200 cm dari jati



Meja kerja dan kursi minimalis




Meja kerja dan kursi minimalis


Terima kasih banyak atas kunjungannya.


***

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

2 comments:

  1. http://mebelarea.com/kursi-tamu-minimalis/sofa-ganesha-jepara/
    http://mebelarea.com/kursi-tamu-minimalis/kursi-jokowi/
    http://mebelarea.com/kursi-sofa-jati/sofa-romawi-inggris/
    http://mebelarea.com/meja-makan-jati/meja-makan-klasik/
    http://mebelarea.com/furniture-jati/meja-makan-restaurant/
    http://mebelarea.com/kursi-malas/sofa-malas-bangau/
    http://mebelarea.com/gazebo/gazebo-kayu-kelapa-klasik/
    http://mebelarea.com/gazebo/gazebo-kayu-kelapa-minimalis/
    http://mebelarea.com/kursi-malas/sofa-malas-terbaru/
    http://mebelarea.com/kursi-malas/sofa-santai-mawar/
    http://mebelarea.com/bufet-kayu-jati/buffet-ukir/
    http://mebelarea.com/almari-pakaian-jati/almari-rahwana-4-pintu
    http://mebelarea.com/dipan-minimalis/dipan-peluru-salak/
    http://mebelarea.com/bufet-kayu-jati/buffet-tv/
    http://mebelarea.com/kursi-tamu-minimalis/kursi-madura-kuncung/
    http://mebelarea.com/meja-makan-jati/meja-makan-balero/
    http://mebelarea.com/dipan-minimalis/dipan-mewah-ukiran-set/
    http://mebelarea.com/dipan-minimalis/dipan-rahwana-mawar/
    http://mebelarea.com/meja-rias-jati/meja-rias-jati-2/
    http://mebelarea.com/meja-rias-jati/meja-rias-duco/
    http://mebelarea.com/bangku-jati/bale-bale-jati/
    http://mebelarea.com/kursi-tamu-minimalis/kursi-tamu-laci/
    http://mebelarea.com/kursi-tamu-minimalis/kursi-minimalis-terbaru/
    http://mebelarea.com/dipan-minimalis/tempat-tidur-set/kamar-tidur-mewah-set/
    http://mebelarea.com/kursi-sofa-jati/sofa-klasik-king/
    http://mebelarea.com/kursi-tamu-minimalis/kursi-tamu-arimbi/
    http://mebelarea.com/furniture-jati/meja-ukiran-jepara/
    http://mebelarea.com/kursi-tamu-minimalis/sofa-jati-mewah-sf6/
    http://mebelarea.com/furniture-jati/kursi-ikan-koi/
    http://mebelarea.com/furniture-jati/kursi-kepiting-antik/

    ReplyDelete