» » » Kota Goettingen Jerman

Gedung Auditorium Uni Goettingen di jalan Weendestrasse

Kami tinggal di kota Goettingen.  Suami menempuh studi S3 di George August University, sehingga kami bisa liburan panjang tinggal di kota ini.  Kota kecil yang indah.  Kota dengan banyak gedung tua, sepi, tertip, teratur, bersih, angkutan massal yang tepat waktu, menghargai orang lain, dll.


Kota Goettingen awalnya sebuah desa bernama Guttingi. Menurut catatan sejarah, desa ini sudah ada di tahun 953.  Desa ini perlahan menjadi kota yang mulai dibangun antara 1150 - 1200 (https://en.wikipedia.org/wiki/G%C3%B6ttingen).  Waktu itu tidak sengaja melihat tulisan di pintu masuk Gereja di jalan Gotmarstrasse, depan pertokoan Karstadt.  Di tulisan tersebut tertera bahwa gereja didirikan tahun 1200.  Mungkin gereja ini, gereja pertama yang dibangun bersamaan dengan kota Gottingen.


Kote Gottingen berada di negara bagian Nidersachsen Jerman tengah


Di kota kecil ini terdapat Universitas Goerge August, yang didirikan 1 abad setelah berdirinya kota, 1737.  Lokasi gedung kampus tersebar di seluruh kota.  Banyak mahasiswa Indonesia, terutama dosen dan peneliti yang kuliah di kampus ini.  Ada tradisi unik bagi lulusan S3, mereka diarak menuju centrum (tengah kota) menggunakan traktor, kereta dll kemudian mencium patung Ganselisel.  Patung perempuan muda yang membawa bebek.


Kami tinggal di wohnung (appartemen) milik Universitas yang dikhususkan untuk yang sudah berkeluarga.  Letak wohnung tersebut di jalan Hermann Rein. Wohnung ukuran 70 m2, dengan 1 dapur, 1 kamar mandi, 2 kamar tidur dan 1 buah ruang keluarga.  Yang menarik dari wohnung ini dan wohnung umumnya, kamar mandi terletak di pintu utama.  Kalau di Indo biasanya setelah pintu utama ruang tamu dan sebaliknya kamar mandi terletak di paling belakang rumah.  Manfaat yang dirasakan kenapa kamar mandi disetting di depan, saat musim dingin biasannya sering pipis.  Habis beraktivitas dari luar rumah, begitu buka pintu langsung ketemu kamar mandi.  Alkhamdulilah kebelet pipisnya tidak sampai ngompol heheheh.  Coba kalau kamar mandi di setting di paling belakang, sudah basah semua celana dech....


Suasana natal tahun 2012 di centrum (pusat kota) Goettingen


Wohnung (appartemen) untuk mahasiswa berkeluarga di jalan Hermann Rein



Salah gedung di satu sudut centrum (pusat kota) Goettingen


Toko buku yang sudah ada sejak tahun 1735....."tua sekali"

Bundaran di depan sekolah Max Plank Gymnasium 

Berfoto di depan toko roti (conditorei) yang selalu ramai pembeli


Beli kacang Mandeln (Almond) yang diselimuti karamel di Pasar Natal 2012

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

5 comments:

  1. Hai mba nama saya Alis. Saya ingin melanjutkan master ke gottingen university. Dapatkah kita chat sekedar tanya-tanya keadaan disana. contact saya aliscita2001@gmail.com. terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  2. Hi mbak, saya ingin melanjutkan Study PHd saya ke Gottingen University, apakah bisa berbagi info untuk persiapan yang harus saya lakukan? Mohon share nya ya mbak, Email saya : neniyuni21@yahoo.co.id. terimakasih

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum bu,saya ingin mengetahui lebih banyak lagi sekolah yang ada di Gottingen. Apakah bisa saya bertanya-tanya, contact saya indryania82@gmail.com

    ReplyDelete
  4. Assalamu'alaikum wr wb, perkenalkan nama saya Abdul Karim, saya ingin melanjutkan Study PHd saya ke Gottingen University, apakah bisa berbagi info untuk persiapan yang harus saya lakukan? Mohon share nya ya mbak, Email saya : adsns50@gmail.com terimakasih

    ReplyDelete