» » » Spielplatz (tempat bermain)

Spielplatz di wohnung Ostlandweg

Tempat tinggal di Jerman umumnya dalam bentuk wohnung (appartemen) bertingkat.  Wohnung ini minimal 4 tingkat dan maksimalnya kurang tahu.  Wohnung mahasiswa single atau double Robertkoch Strasse (ROKO) sampai dengan tingkat 12.  Wohung mahasiswa family tempat kami tinggal, bertingkat 4.  Tidak hanya untuk mahasiswa, masyarakat biasa pun kebanyakan tinggal di wohnung.


Walaupun anak-anak tinggal di gedung bertingkat, mereka masih bisa bermain.  Pemerintah kota Goettingen menyediakan dan merawat tempat bermain (spielplatz).  Setiap kawasan wohnung selalu tersedia 1 areal tempat bermain.  Speilplatz ini diberi plank yang memberitahukan bahwa tempat bermain ini milik pemerintah kota, diperuntukkan untuk anak-anak dibawah 14 tahun, anjing tidak boleh ikut bermain di kawasan tersebut.  Petugas kebersihan kota sering datang untuk memungut sampah, mengaduk dan membersihkan kotak tempat bermain pasir, mengganti pagar yang rusak dll.


Speilplatz di jalan Anastrasse Goettingen


Jenis permainan yang sering di jumpai di speilplatz ayunan, ayunan untuk bayi, jungkat-jungkit, perosotan, palang untuk bergelantungan, kuda-kudaan dengan per, flying fox, kotak untuk bermain pasir, ember berputar, lingkar berputar, jembatan goyang dll.



Speilplatz dekat Centrum (tengah kota) Goettingen


Speilplatz di wohnung jalan Hermann Rein Strasse


Spielplatz di depan pertokoan Karstadt 


Speilplatz di Klinikum (Rumah Sakit) Uni Goettingen

Speilplatz di dekat Real Schule di jalan Theodore Heuss 


Bahan untuk membangun berbagai permainan sangat bagus dan kuat.  Di bawah permainan tersebut biasanya diberi pelindung berupa batu kerikil atau lantai berbahan lentur sehingga kalau anak jatuh tidak sampai cedera.


Salut banget sama negeri (Jerman) yang satu ini, sangat memperhatikan kebutuhan anak untuk bermain dan bergembira.  Disetiap tempat selalu diberikan arena untuk permainan anak.  Misalnya kebun binatang, dibagian depannya selalu terdapat arena permainan.  Waktu itu sempat mengunjungi taman burung di Kalsruhe sekitar 2 jam naik bus dari Goettingen.  Di dekat pintu masuk taman burung terdapat arena bermain sangat besar dan bagus.   Deutsch musium di Muenchen juga menyediakan arena khusus bermain anak, satu ruangan di lantai paling bawah, dengan berbagai permainan, komputer, piano, balok dll yang sangat bagus dan besar.

Mobil pemadam kebakaran di Speilplatz arena Deutsch Musium kota Muenchen 


Gitar raksasa di Spielplatz arena Deutsch Museium kota Muenchen

Spielplatz di Vogelpark Kalsruhe Jerman

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply