» » » Pesta Ulang Tahun

Tanggal 17 Agustus 2013 kami diundang ke acara ulang tahun ke 50 istri pembimbing suami.  Acara dilaksanakan di kafe club tenis kota Gottingen.  Lokasi kafe di dekat Goethe Institut, tempat untuk belajar bahasa Jerman bagi calon mahasiswa yang akan menempuh program Sarjana sampai Doktor di berbagai universitas di Jerman.


Lokasi kafe di atas perbukitan.  Kami ke sana menggunakan sepeda... Oh...bersepeda di tanjakan lumayan berkeringat.  Pulangnya baru enak nich...tinggal meluncur tanpa mengayuh pedal sepeda.  Di depan kafe terdapat lapangan tenis dengan lantai tanah merah.  Setelah selesai bermain, jejak-jejak kaki di rapikan dengan papan kayu.  Di luar lapangan atau disekitar club banyak pohon-pohon tinggi dan besar.  Suasana seperti di pinggir hutan.  Udara tidak terlalu panas atau dingin.  Nyaman dan tentu saja tanpa nyamuk-nyamuk nakal.


Menjadi adat orang Jerman untuk merayakan ulang tahun secara besar di saat kelipatan umur 10.  Apalagi umur 50, umur spesial disaat separuh perjalanan hidup.  Yah...rata-rata umur orang Jerman lebih panjang dibanding rata-rata umur orang Indonesia yang umumnya 63 tahun.


Tamu yang diundang bapak dan ibu Christian, nama pembimbing PhD suami sekitar 30 orang.  Saat datang tamu berdiri di luar kafe.  Tamu dihibur oleh band Brother & Sister.  Undangan datang jam 7 sore, berdiri, grobrol, dan minum campagne hingga jam 8.30.  Tentu saja kami tidak minum campagne tapi saft saja.

Saat menjelang makan malam, pak dan bu Christian mengenalkan nama-nama tahu yang hadir satu persatu.  Tamu yang hadir adik atau kakak bapak dan ibu Christian, teman main di club tennis, guru les putra mereka, rekan kerja dan anak bimbing pak Christian seperti suami.


Seteleh hidangan makan malam siap, tamu mulai makan jam 9 malam.  Meja buffet hidangan makanan di dalam kafe.  Tamu mengambil makan kemudian duduk di dalam atau meja di luar kafe yang sudah disediakan.


Tentu saja makanan yang disajikan ada schwein (babi).  Kami mengambil sayur, udang, ikan, kentang dan roti.  Makanan yang dihidangkan: salat, ikan salmon mentah dan braten (digoreng dengan sedikit minyak), tempura udang, salat udang, jamur panggang, kleine finger roti dengan atas daging babi, kentang rebus dan bayam, brotchen (roti rasa tawar kecil-kecil), babi panir dengan sphageti.  Makanan yang menurut saya enak: cabai isi keju, terong bakar yang dibumbui merica+olive+garam, salat.

Setelah selesai makan, dihidangkan makanan penutup.  Didangan penutup berupa buah stroberi, himbere, belimbing, blaubere, panacota yang disiram alkohol dan saus coklat.  Tentu saja kami tidak bisa makan hidangan penutup ini.

Kesan pertama datang ke pesta ulang tahun orang jerman..

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply