» » » Basilica Cistern, bagian 3

Februari 2014


Melanjutkan menulis tempat-tempat yang dikunjungi selama di kota Istanbul Turki. 

3.  Basilica cistern.

Cistern artinya tempat dibawah tanah untuk menampung air hujan. Cistern salah satu cara memanajemen air terutama di daerah kering dengan jumlah air sedikit. Tempat penampungan air ini dibangun di bawah 'basilica'.  Pada jaman romawi, basilica artinya suatu tempat untuk pertemuan atau transaksi bisnis.  Basilica bisa berbentuk ruang terbuka atau sebuah gedung.  


Basilica cistern adalah tempat penampungan air yang dibangun dibawah ruang terbuka 'basilica'.  Basilica cistern ini dibangun tahun 532 dengan tenaga 7000 orang budak, jaman kaisar Romawi Justinian ( http://en.wikipedia.org/wiki/Basilica_Cistern, 2014).


Tempat penampungan air yang sangat indah.  Tempat penampungan air ini untuk memenuhi kebutuhan air dari jaman Romawi hingga kerajaan Islam di istana Topkapi.  


Basilica cistern beberapa kali mengalami pemugaran, pembersihan dari lumpur dan mulai dibuka untuk umum tahun 1987.  Saat berkunjung kemarin, basilica cistern mempunyai debit air yang tidak terlalu banyak.  Tinggi air paling hanya setelah lutut orang dewasa.  Air bening dengan ikan-ikan berenang di dalamnya.


Di dalam Basilica cistern bisa menikmati keindahan tiang-tiang besar penyangga bangunan.  Salah satu tiang penyangga terdapat kepala dewa Medusa yang terbalik.  Dewa Medusa ini salah satu dewa orang Romawi yang berkepala ular.


Basilica cistern letaknya tidak jauh dari Hagia Sophia, paling hanya berjalan kaki selama 10 menit.  Sebelum masuk harus membeli karcis.  Setelah itu, pengunjung menuruni tangga curam ke bawah hingga sampai di lantai dasar cistern.



Basilica cistern Istanbul Turki



Tangga menuju lantai dasar Basilica cistern



Tiang penyangga Basilica cistern



Kepala dewa Medusa



Atap basilica cistern



Basilica cistern


***

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply