» » Bonus Geografi 2020 hingga 2030

5 Desember 2019

Info kenapa presiden Jokowi membuat staf khusus presiden dari kaum muda atau kaum milenial?

Staf khusus presiden yang terdiri dari 7 orang anak muda.  Foto diambil dari Tempo

Tahun 2020 yang tidak sampai 1 bulan lagi akan kita jalani.  Selama sepuluh tahun kemudian hingga 2030, Indonesia akan mengalami fase bonus geografi.  Apa itu bonus geografi?

Bonus geografi adalah komposisi penduduk dimana golongan produktif (usia 17 tahun hingga 64 tahun) berjumlah 75% dari populasi.  Artinya sebagian besar penduduk Indonesia adalah orang muda yang produktif.

Jumlah penduduk produktif disatu sisi memiliki keuntungan yaitu Indonesia mempunyai sumber daya manusia yang banyak, aktif sehingga perkembangan ekonomi dapat dikembangkan semaksimal mungkin.  Penduduk produktif ini memiliki beban hidup sedikit karena hanya menanggung anak atau orang tua yang hanya berjumlah 25%.  Sehingga income yang diterima oleh penduduk akan lebih banyak ditabung.

Namun, sisi negatif juga ada yaitu jika tenaga yang berlimpah ini tidak diakomodasi dengan baik maka akan muncul tindak kejahatan dll.

Langkah presiden membentuk staf khusus dari kaum mileniah merupakan langkah yang tepat.  Apa manfaatnya?  Kaum muda biasanya mudah terinspirasi.  Dengan melihat sepak terjang staf khusus yang keren maka kaum muda akan tergerak menciptakan sesuatu yang kreatif dalam bidang ekonomi, sosial, kemanusiaan dll.


Atau staf khusus milenial ini dapat menghimpun anak-anak muda lain yang memiliki passion yang sama.  Dengan bersatu, akan terbentuk ide-ide kreatif menciptakan sesuatu yang baru.


Bonus demografi yang akan disongsong Indonesia harus dimanfaatkan sebaik mungkin.  Muda, bersih dan berkarya.  Kamu ikut kan?

-End-

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply