» » Pelayanan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

 8 Agustus 2020



Anak remah-remah rengginan tapi mimpinya ketinggian. Prestasi si anak remah-remah rengginan tidak ada, tentu saja. Jika menjadi ibu rumah tangga itu sebuah prestasi, alhamdulillah.  Dibalik kesuksesan suami ada pengorbanan istrinya. Bissmillah, semoga bisa berbaur dengan adat budaya baru. Semoga perjalanan hidup berwarna serta banyak pengalaman.  Semoga keberadaan si anak remah-remah rengginan bermanfaat walau hanya seperti satu tetes air di luas samudera.

 

Mendapatkan beasiswa dari LPDP itu suatu anugerah.  Salah satu mimpi si anak remah rengginan itu terealisasi. Dua doa terkabul yang tidak akan pernah terlupa sepanjang masa. Pertama, ketika SMA tidak ingin merepotkan orang tua, kemudian berdoa to the point minta beasiswa.  Tiba-tiba dipanggil kepala sekolah ke ruang guru. "selamat ada bantuan biaya pendidikan untukmu". Tahun 1992 hingga 1995 beasiswa masih sangat jarang diberikan ke siswa sepertinya. Rasa bersyukur yang selalu teringat hingga kini, bahkan ketika uban sudah banyak di kepala.  Doa kedua yang terkabul itu mendapatkan beasiswa S3. Sepanjang hidup berkarir di rumah, tapi diberi kesempatan melanjutkan studi S3. Rasa bersyukur yang tidak akan pernah terlupa sepanjang hayat juga. Di tengah lingkungan bergelimang hedonisme, berkutat dengan jurnal-jurnal dan tugas kuliah S3 itu lebih membahagiakan. Barangkali jika tidak punya idealisme, nyaman dengan keadaan yang ada (menjadi ibu rumah tangga cantik nan mewah), tentu tidak akan melanjutkan studi.


###

Bagaimana melamar beasiswa LPDP?


Anak rengginan mendapat beasiswa bukan karena prestasi tapi lebih karena faktor beruntung. Persyaratan yang diminta LPDP berhasil dipenuhi. Tahun 2016 sistem beasiswa BUDI DN (beasiswa unggulan dosen indonesia dalam negeri) belum bagus, sehingga semua pelamar lolos mendapatkan beasiswa.  How lucky I am! So untuk itu memberikan saran. Berdoalah! Bermimpilah, mimpi itu gratis.  Keberuntungan itu bisa datang dengan berbagai pintu.


Kenal dengan LPDP dari internet. Berbagai persyaratan dibuat dan dilengkapi. Mendaftar LPDP dan mendaftar ke universitas dilakukan secara pararel dan waktunya bersamaan. Mendaftar ke LPDP dan Univ tersebut secara online, boleh dibilang tidak ada biaya yang dikeluarkan. Surga bagi orang-orang mimpi tinggi tapi tidak punya modal. Modal dengkul kokokna mah.


Dari sini menilai kalau pelayanan LPDP itu keren. Pendaftaran dilakukan online, mandiri, siapa saja boleh mendaftar yang penting memenuhi persyaratan yang ditetapkan, dan gratis! Tidak ada sistem titipan, semoga.


Salah satu persyaratan LPDP itu membuat easy tentang apa yang telah dan akan kamu berikan kepada Indonesia. Tulisan tersebut ditulis setulus hati, berdasarkan apa yang sudah dikerjakan dalam hidup. LPDP memfasilitasi anak-anak muda idealis yang punya mimpi untuk Indonesia yang lebih baik. Beberapa hal masa lalu yang turut menyumbang menjadi anak gila idealis: Jambore nasional 1991 di Cibubur Jawa Barat, jalan kaki mengelilingi propinsi Jawa Barat tahun 1993 dalam acara Kirab Remaja Nasional III, pengalaman hidup selama sekolah yang penuh keprihatinan, beasiswa yang diterima di SMA dan S1.


Kegiatan untuk generasi muda yang menumbuhkan rasa cinta tanah air seperti Paskibraka, Jambore Nasional, Kirab Remaja, Pecinta Alam dsb penting selalu diselenggarakan agar banyak tersedia stok anak-anak muda yang bersedia berkorban untuk Indonesia. Investasi sumber daya manusia itu investasi jangka panjang.  Pempimpin masa depan harus selalu disiapkan dengan baik.


##

Cerita ketika menjalani masa kuliah S3

Baran SPP yang nilainya banyak, pokok na beres. Bayar membayar sudah dilakukan oleh LPDP. Kita tinggal kuliah dengan baik dan benar.  Evaluasi perkembangan studi dilakukan setiap tiga bulan sekali. Setelah evaluasi dikerjakan, uang biaya hidup dan tunjangan keluarga turun. Semua evaluasi tersebut dikerjakan secara online melalui account yang sudah disediakan LPDP. Hal yang dituliskan dilaman evaluasi berupa: nilai per semester, kegiatan akademik yang dikerjakan di semester tersebut, kegiatan akademik yang akan dikerjakan di semester depan, kegiatan kemahasiswaan dan kemasyarakatan, publikasi, kegiatan seminar dan training dengan melampirkan piagam kegiatan.


Komentar pelayanan LPDP. Kembali pelayanan LPDP dibuat sepraktis dan seefisien mungkin. Keren sih. Jika ada masalah dengan kegiatan evaluasi, tunjangan hidup dan tunjangan keluarga bisa menghubungi LPDP melalui email tiket bantuan.  Selama studi boleh dibilang tidak ada masalah, sehingga belum pernah mengajukan pertanyaan di tiket bantuan

###

Biaya penelitian

Mahasiswa S3 berhak mendapatkan biaya penelitian sebanyak 75 juta setelah melengkapi persyaratan by online tentunya.  Dana sebasar 75 juta tersebut masuk ke rekening mahasiswa.  Mahasiswa berhak mengelola dana penelitian sendiri dengan ACC dari komisi pembimbing tentunya.


Keren juga sistem turunya dana 75 juga.  Bagi mahasiswa yang sudah terpenuhi persyaratan, hanya by online, gretong tanpa biaya, langsung mengucur dana 75 juta.  Tentu saja nanti ada sistem pelaporan yang rinci.  Dana 75 juta bagi kebanyakan teman-teman sih kurang, apalagi yang kerja molekular...  But bagi si anak rengginan, melakukan penelitian mandiri seharga 75 juta itu bagai mimpi di siang bolong.  Pengalaman penelitian yang tidak akan terlupakan. 

###

Biaya bantuan publikasi internasional.

LPDP menyediakan dana bantuan untuk publikasi internasional untuk naskah yang accepted di scopus Q1 dan Q2. Besarannya dana 25 juta untuk scopus Q1 dan 15 juta untuk naskah accepted di scopus Q2.

Proses mengajuan biaya dana publikasi tersebut dilakukan secara online melalui account mahasiswa di sistem informasi dan evaluasi LPDP. Syarat yang harus dipenuhi yaitu

1. naskah diterima (accepted) di scopus Q1 atau Q2

2. sreenshot jurnal di laman Scimago

3. Screenshot naskah full paper

4. harus ada kalimat biaya penelitian dari LPDP

5. screenshot email bahwa naskah accepted dan proses lain tahapan naskah setelah accepted seperti proof read 1, proof read 2 dsb.

Semua proses bantuan biaya publikasi dilakukan secara online dan cukup mencantunkan screenshot yang disebutkan diatas. 

Komentar, keren sih LPDP.  Semudah itu mengeluarkan dana 25 juta dan 15 juta bagi mahasiswa yang dapat melakukan publikasi di scopus Q1 dan Q2.

Anak remah rengginan yang beruntung, ternyata salah satu publikasinya akan publish di jurnal yang akreditasi pas kebetulan naik dari Q3 menjadi Q2. Persyaratan dilengkapi by online, dan eng ing eng, dana bantuan publikasi turun sebesar 15 juta.  Wow, si anak remah rengginan ternganga tidak percaya saat membaca SMS banking. Dia sudah mendapatkan dana bantuan publikasi internasional sebesar 15 juta. Alhamdulillah....


##

Kesimpulannya

Sistem pelayanan LPDP yang semua by online, gratis tanpa biaya itu keren.  Semua generasi muda Indonesia yang memenuhi syarat berhak mendapatkan beasiswa tanpa pandang bulu. Semoga ada banyak anak muda idealis yang berkat beasiswa LPDP akan menyumbangkan darma baktinya untuk Indonesia.


DIRGAHAYU INDONESIA KU YANG KE 75 TAHUN.

YES, INDONESIA MAJU!


-end-


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply