» »Unlabelled » Merawat Anggrek Dauglas

Sembawa, Sumatera Selatan 20 Desember 2020 


Anggrek Dauglas salah satu anggrek yang menyukai sinar matahari. Dauglas yang ada di halaman rumah, terkena sinar matahari penuh dari pagi hingga sore (12 jam). Aggrek yang tahan sinar matahari memiliki ciri daun warna hijau, panjang membulat, boleh dibilang menyerupai batang. 




Bunga Dauglas indah, besar, tidak cepat gugur. Bunga akan terus mekar selama satu bulan non stop untuk kemudian mengering. Jika ada banyak spike (calon kuntum bunga), maka bunga yang mati segera digantikan yang lain.  Dauglas di halaman terus berbunga selama lima bulan ini (Agustus hingga Desember 2020).




Cara merawat Dauglas tergolong mudah. 

Nutrisi terpenting anggrek diperoleh dari sabut buah kelapa, udara dan air hujan. Sabut yang sudah mulai lapuk segera ditambah dengan sabut yang baru.  Akar anggrek yang berupa akar udara segera menempel pada sabut yang baru ditambahkan tersebut. Penambahan sabut kelapa menyebabkan daun anggrek berwarna hijau, bulat gemuk, dan mendorong tumbuhnya banyak spike calon bunga. Akar juga dapat mengambil N dari udara. Aggrek harus disiram jika lama tidak turun hujan. Jika sedang musim hujan, praktis tidak melakukan usaha apapun tinggal menikmati indahnya bunga.


Sedikit usaha dapat dilakukan agar aggrek tumbuh optimal, yaitu dengan menambahkan pupuk alami. Kulit pisang banyak kandungan nutrisinya. Kulit pisang ini direndam air kemudian disiramkan ke tanaman.  Saat mencuci ikan, air cuciannya yang mengandung darah ikan dapat disirimakan ke tanaman. Kulit telur jangan dibuang, tetapi dikumpulkan.  Kulit telur yang sudah banyak terkumpul, di oven hingga kering, kemudian dihaluskan. Cangkang telur ini sumber unsur Calsium bagi tumbuhan. Aplikasi cangkang telur mudah, cukup ditaburkan saja ke tanaman.




Cara menanam Vanda Dauglas

Menanam Dauglas cukup mudah. Batang anggrek cukup dipotong sepanjang 50-70 cm. Batang ini tidak harus memiliki akar udara. Batang ditanam ditanah gembur yang berisi campuran tanah, pupuk kandang dan sekam padi. Di sekeliling Dauglas diletakkan sabut kelapa. Batang vanda akan tinggi memanjang, sehingga harus dibuatkan pagar dari bambu agar batangnya tetap tegak.


Vanda Dauglas yang belum berbunga



-end-




«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply